Ukuran Rumah Adat Batak Toba

Adapun hal yang mendasarinya sehingga bisa menjadi beberapa jenis adalah ukuran gorga ada tidaknya ukiran khas batak yang menyertainya. Belum lagi banyaknya pengakuan dari banyak arsitek bahwa rumah adat batak toba merupakan salah satu kekayaan bangsa indonesia dalam seni dan rancang bangun.

Miniatur Rumah Adat Batak Toba Rumah Adat Indonesia

Rumah adat batak ini memiliki konstruksi rumah yang terlihat megah yang tercipta daro desain atapnya.

Ukuran rumah adat batak toba. Rumah yang biasa dihuni oleh satu sampai empat keluarga sedarah ini bisa diklasifikasikan berdasarkan dua kategori yakni ukuran dan ada atau tidaknya gorga ukiran khas batak pada bangunannya. Ukuran atapnya lebih besar dari rumah adat batak lainnya dan didesain dengan bentukan yang cukup rumit. Selain itu peninggalan batak toba yang masih dijumpai saat ini adalah rumah adat.

Rumah adat suku batak toba berdasarkan ukuran. Perbedaan rumah adat batak toba berdasarkan ukuran. Rumah adat batak toba tempat wisata danau toba yang tidak pernah sepi dari pengunjung adalah desa tomok.

Rumah adat bolon ini biasanya disebut rumah balai batak toba dan telah diakui oleh nasional sebagai perwakilan rumah adat sumatera utara. Di desa tomok semua wisatawan dapat menjelajah perkampungan batak toba. Bahan bahan bangunan terdiri dari kayu dengan tiang tiang yang besar dan kokoh.

Rumah adat ini berbentuk persegi panjang serta termasuk kategori rumah panggung. Rumah adat batak toba berdasarkan fungsinya dapat dibedakan ke dalam rumah yang digunakan untuk tempat tinggal keluarga disebut ruma dan rumah yang digunakan sebagai tempat penyimpanan lumbung disebut sopo. Dan hampir keseluruhannya bangunannya terbuat dari bahan alam.

Rumah adat suku batak toba masih terbagi lagi menjadi beberapa jenis. Bagi orang batak toba rumah adat bukan cuma tempat bernaung dan berteduh dari hujan serta panas terik matahari tapi juga banyak nilai filosofis di dalamnya. Jabu parsakitan adalah tempat penyimpanan barang.

Nah pasti banyak dari kalian yang belum mengetahui keindahan kampung batak di desa tomok. Menariknya meskipun sekilas terlihat sama tapi ternyata rumah adat batak toba memiliki beberapa jenis yang dibedakan berdasarkan dengan bentuk dan gorga. Nah tahukah kalian meski gampang dikenali dan sekilas bentuknya sama rumah adat batak toba ternyata banyak jenisnya.

Dinding dari papan atau tepas lantai juga dari papan sedangkan atap dari ijuk. Rumah ini terbagi atas dua bagian yaitu jabu parsakitan dan jabu bolon. Desain atap ini juga menggambarkan status sosial pemilik rumah yang menempatinya.

Pada zaman dahulu rumah adat ini mempunyai fungsinya masing masing seperti rumah adat perempuan yang berfungsi sebagai tempat memasak rumah adat laki laki sebagai tempat perkumpulan dan sopo yang digunakan sebagai tempat menumbuk padi dan tempat menyimpan bahan makanan tahunan. Jakarta netralnewscom rumah balai batak toba adalah rumah adat dari daerah sumatera utara. Wisata danau toba tour toba.

Gorga sendiri merupakan ukiran khas batak yang menjadi hiasan dalam dinding bangunan rumah tradisional batak.

Sejarah Dan Budaya Struktur Dan Konstruksi Rumah Tradisional Suku

Kemenpar Ri Gosumut Com

Rumah Adat Batak Png

Huta Siallagan Rumah Bolon 1 Daily Voyagers

Rumah Bolon Wikipedia Bahasa Indonesia Ensiklopedia Bebas


Komentar

Postingan populer dari blog ini